-->
BLANTERWISDOM101

Pentingnya Mengkonsumsi Sayur dan Buah Penambah Darah

13/10/15
Pentingnya Mengkonsumsi Sayur dan Buah Penambah Darah - Sel darah merah sangat penting sekali dalam tubuh manusia, fungsi sel darah merah dalam tubuh yaitu bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Untuk mendukung proses ini berjalan lancar, tubuh membutuhkan asupan makanan yang mengandung zat-zat penting untuk memproduksi sel darah merah. Langkah utama yang harus dilakukan adalah dengan cara mengkonsumsi sayur dan buah penambah darah.

Pentingnya Mengkonsumsi Sayur dan Buah Penambah Darah

Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan kondisi anemia atau kekurangan darah. Dengan tanda-tanda berupa lesu, letih, lemas, dan terlihat pucat.

Beberapa zat penting untuk pembentuk dan penambah sel darah 

Seperti yang dikutip dari alodokter.com - Jumlah sel darah merah tidak boleh menurun, agar dapat mengantar oksigen ke seluruh tubuh. Maka dari itu sangat diperlukan zat-zat tertentu untuk mencapai kondisi yang baik dan stabil.
  • Zat besi
Zat besi termasuk bagian dari hemoglobin yang ada pada sel darah merah, laki-laki membutuhkan zat besi sebanyak 8,7 mg dan perempuan dalam masa reproduktif membutuhkan 14.8 mg dalam sehari. Sumber zat besi yang diserap tubuh ada dua macam, yaitu zat besi heme dan nonheme. Zat besi heme terdapat pada ikan, unggas, dan daging. Sedangkan zat besi nonheme terdapat pada kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. Kurangnya asupan zat besi dapat mengakibatkan menurunnya sel darah dan menyebabkan anemia.
  • Asam Folat
Asam folat adalah vitamin B yang larut dalam air. Penggunaannya sering dikombinasikan dengan vitamin B jenis lain. Asam folat bisa didapat dari kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran.Asam folat umumnya dikombinasikan dengan vitamin B12 untuk mengatasi sejenis anemia.
  • Vitamin B12
Selain zat besi dan asam folat, pembentukan sel darah merah juga membutuhkan vitamin B12. Vitamin ini bisa diperoleh dari keju, telur, susu, dan daging. Hampir tidak ada sayur dan buah yang mengandung cukup vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 akan berakibat sama dengan kekurangan zat besi dan asam folat.

Lalu apa saja sayur dan buah penambah darah?

Sayur dan buah mempunyai peran sangat penting untuk perkembangan darah dalam tubuh, dengan begitu anda tidak perlu cemas akan kekurangan darah, karena sayur dan buah penambah darah sebenarnya mudah di dapat. Inilah sayur dan buah yangbiasa anda konsumsi untuk penambah darah karena anemia.
  • Bayam
Bayam adalah sumber zat besi yang baik untuk mencegah anemia. 6 mg zat besi bisa Anda dapatkan dari secangkir bayam yang sudah dimasak. Anda bisamengolah bayam sebelum mengonsumsinya karena zat besi pada bayam yang sudah dimasak lebih mudah diserap tubuh dibandingkan bayam yang belum dimasak.
  • Kedelai
Kedelai adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam proses metabolisme. Anda akan mendapatkan 4 mg zat besi dari 1,5 cangkir kacang kedelai. Kacang-kacangan ini bisa disantap dengan cara direbus atau digoreng dengan ditambahkan sedikit garam untuk menjadikannya lebih gurih untuk disantap. Selain ituAnda juga bisamengonsumsi susu kedelai.
  • Prunes
Jus buah prunes juga dapat membantu mencukupi kebutuhanzat besi dan mencegah anemia.
  • Alpukat
Buah ini mengandung folat yang berguna untuk menambah darah. Tugas folat dalam tubuh adalah memerbaiki sel-sel yang rusak, termasuk pembentukan sel darah merah. Anda akan mendapatkan 81 mikrogram folat jika mengonsumsi setengah buah alpukat.Wanita memerlukan sekitar 400-600mikrogram folat per hari sedangkan pria 400 mikrogram.
  • Pepaya
Buah ini bisa menjadi alternatif jika Anda ingin mendapatkan folat. Dalam setengah buah pepaya mengandung 58 mikrogram folat. Mengonsumsi pepaya dan dikombinasikan dengan buah-buahan sumber folat lainnya, akan memenuhi kebutuhan folatharian Anda.

Dengan informasi yang saya tulis, kini anda sudah mengetahui apa saja sayur dan buah yang dapat anda konsumsi untuk penambah sel darah. Penting sekali untuk mengkonsumsi sayur dan buah karena banyak sekali manfaatnya. Lakukan dengan rutin dan teratur untuk mengkonsumsi makanan tersebut, terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda.

Pentingnya Mengkonsumsi Sayur dan Buah Penambah Darah

Baca juga : 

Share This :
✅Berkomentarlah sesuai isi artikel✅