-->
BLANTERWISDOM101

Cara Menghaluskan Kaki yang Pecah Pecah

28/09/15
Cara Menghaluskan Kaki yang Pecah Pecah - Kaki mungkin menjadi salah satu bagian tubuh yang mesti kita rawat betul-betul, karena kaki merupakan tempat bersarangnya bakteri yang masuk ke dalam tubuh, atau bisa dibilang kaki adalah sumber penyakit dari kuman-kuman yang menempel sebagaimana halnya dengan tangan. Kulit kaki yang menebal atau pecah-pecah atau biasa di sebut dengan kaki kapalan harus ditangani dengan baik bagaimana cara mengatasinya. 

Cara Menghaluskan Kaki yang Pecah Pecah

Seperti yang dikutip dari meetdoctor.com bahwa kapalan atau bahasa ilmiahnya adalah calluses adalah bagian kulit yang mengalami penebalan dan terasa sakit jika mengelupas. Kapalan terjadi karena adanya tekanan atau gesekan yang berulang sehingga terjadi penebalan pada kulit. Meskipun bukan masalah kesehatan yang serius tapi kapalan mengganggu penampilan dan kenyamanan. Biasanya, kondisi kulit kapalan ini muncul di telapak kaki atau di telapak tangan. 

Selama ini upaya untuk mengatasi kapalan relatif minim. Upaya yang kita lakukan hanya untuk menghindari luka yang menyakitkan, misalnya dengan meminimalisir gesekan lewat cara menggunakan sepatu berhak rata yang nyaman, jika kapalan di kaki. Dan apabila yang terkena kapalan ini pada telapak tangan mengenakan sarung tangan pelindung. Dengan menggunakan lapisan pelindung yang nyaman, tindakan berulang yang dilakukan oleh tangan maupun kaki akan memberi waktu pada kaki untuk sembuh dan kembali normal. 

Untuk mengobati kulit yang kapalan, pertama-tama dokter spesialis kulit akan mengikis bagian kulit yang menebal menggunakan pisau tajam khusus yang digunakan untuk membedah. Tekanan yang ditimbulkan oleh kapalan pada jaringan di bawah kulit seketika itu juga akan membaik. Prosedur ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis, dan tidak boleh dipraktikkan sendiri karena hal ini dapat membuat kapalan semakin terasa sakit dan mengalami infeksi. Perawatan sendiri yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kapalan hanyalah melakukan penggosokan kulit kapalan dengan batu kali untuk menggosok kulit yang menebal.

Selain itu, bentuk perawatan lain yang dapat dilakukan berupa pemakaian produk-produk perawatan dan produk pereda kapalan yang berfungsi menyembuhkan kulit yang menebal dan mengeras agar melunak dan tekanannya terkurangi. Untuk mengetahui produk perawatan yang tepat digunakan, konsultasi langsung dengan dokter perlu dilakukan. Berikut ini berbagai jenis produk yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kapalan.
  1. Krim rehidrasi khusus untuk kulit kapalan yang menebal 
  2. Pelapis pelindung kapalan
  3. Bantalan lunak atau sol dalam dari busa yang dibuat khusus
  4. Sejenis busa kecil untuk bantalan telapak kaki yang diselipkan di antara jempol-jempol agar kapalan tidak tertekan.
Jika kapalan sudah mengalami infeksi, akan terjadi peradangan, terasa sakit, hingga mengeluarkan nanah atau cairan jernih. Yuk, rawat telapak tangan dan kaki agar tidak muncul kapalan. Terimaksih sudah menyembpatkan waktu anda untuk membaca tips kesehatan ini, semoga dapat bermanfaat untuk orang banyak. 

Cara Menghaluskan Kaki yang Pecah Pecah

Baca juga :
Share This :
✅Berkomentarlah sesuai isi artikel✅