-->
BLANTERWISDOM101

7 Manfaat Mentimun Untuk Kulit Wajah Cantik dan Sehat

29/09/15
7 Manfaat Mentimun Untuk Kulit Wajah Cantik dan Sehat | Sudah sejak dulu buah mentimun dikenal sebagai buah yang memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Mentimun merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang sangat kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Buah mentimun masih satu kerabat dengan labu dan biasa digunakan sebagai makanan lalapan. Selain itu, mentimun juga biasa digunakan sebagai makanan dan untuk mempercantik hidangan atau garnis.

7 Manfaat Mentimun Untuk Kulit Wajah Cantik dan Sehat

Mentimun merupakan sayuran yang paling banyak menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit terutama untuk kulit wajah. Hampir 95% kandungan dalam buah mentimun adalah air. Selain mengandung air, dalam buah mentimun juga terdapat kandungan senyawa saponin, flavonoida, polifenol, asam malonat, vitamin E, dan kukuribitasin C. manfaat buah mentimun ini tidak hanya untuk kesehatan kulit saja, akan tetapi mentimun dapat digunakan untuk kecantikan sperti dijadikan masker wajah.

Beberapa manfaat dan khasiat buah mentimun untuk kesehatan dan kecantikan kulit, diantaranya:

1. Anti dehidrasi
Mentimun terdiri dari 95% air, karenanya mentimun merupakan makanan yang dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi, terutama saat cuaca panas. Majalah Eating Well mengungkapkan, secangkir irisan mentimun saja sudah setara dengan segelas air.

2. Anti penuaan dini
Selain sebagai anti dehidrasi, buah mentimun juga bermanfaat sebagai anti penuaan. Didalam mentimun, terdapat kandungan anti radang yang dapat membantu menghilangkan zat-zat sisa dan racun dalam tubuh dan membantu mengurangi iritasi pada kulit. Sehingga, kulit pun akan tetap terlindungi dari keriput dan penuaan dini.

3. Makanan pencegah kanker
Mentimun mengandung dua komponen phytonutrient yang memiliki manfaat sebagai anti kanker, yaitu  lignan dan cucurbitacins. Komponen cucurbitacins bahkan sedang terus diteliti dan dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan farmasi karena adanya potensi obat kanker. Scientific World Journal yang terbit pada tahun 2010 menyatakan bahwa cucurbitacins dapat membantu memblokir jalur yang mengakomodasi keberlangsungan hidup sel-sel kanker dan kemampuannya bermultiplikasi.

Menurut Journal of Cancer Research dalam penelitiannya di tahun 2009, cucurbitacins yang dibuat ke dalam bentuk suplemen sanggup menghalangi pertumbuhan sel kanker pankreas hingga 50%. Lignan sendiri sanggup juga melindungi tubuh dari kanker dengan bekerja mengaktifkan bakteri dalam saluran pencernaan. lignan  yang terkandung dalam mentimun nantinya akan diubah menjadi enterodiol dan enterolactone yang dapat mengikat estrogen dan berpotensi mengurangi probabilitas terjadinya kanker yang disebabkan oleh kadar estrogen berlebihan (seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker endometrial dan kanker prostat).

4. Bermanfaat untuk keindahan kulit
Irisan buah mentimun seringkali digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Bahan alami dalam mentimun mampu menyejukan dan mendinginkan kulit, mengurangi pembengkakan, iritasi dan peradangan saat ditempelkan pada kulit. Dengan meletakkannya menutupi mata, mentimun dapat membantu mengurangi bengkak atau kantung mata. Seperti halnya bila anda meletakan irisan mentimun pada kulit, timun dianggap mampu meredakan dan mengobati kulit yang terbakar akibat matahari. 

5. Menyehatkan tulang
Seporsi mentimun memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi, yang sanggup memenuhi 19% dari kadar rekomendasi harian vitamin K. Hal ini membuat mentimun sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang, karena fungsi dari vitamin K itu sendiri adalah untuk membangun tulang, mengurangi risiko tulang retak, tulang patah, menyeimbangkan kalsium serta memadatkan tulang dalam tubuh. Selain itu, vitamin K juga banyak membantu dalam proses pembekuan darah.

6. Sebagai penyedia antioksidan
Kemampuan mentimun mencegah kanker tidak lepas dari keberadaan beberapa jenis antioksidan seperti Vitamin C, beta karoten, mangan, flavonoids, triterpenes dan lignans. Vitamin C sendiri sangat bermanfaat untuk perbaikan sistem imun dalam tubuh, sementara itu beta karoten telah terbukti baik untuk kesehatan karena melawan radikal bebas bersama dengan jenis antioksidan lainnya.

7. Baik bagi jantung
Pada dasarnya semua sayuran dan buah-buahan bisa menyehatkan jantung, dan dalam hal ini berlaku pula bagi mentimun yang memiliki kandungan potasium. Potasium sangat baik untuk kesehatan jantung. Semangkuk penuh irisan mentimun mengandung 4% dari kebutuhan harian jantung akan potasium dan jumlah kalori yang sedikit. Dengan asupan potasium yang mencukupi, maka tekanan darah akan menjadi lebih stabil dan mengurangi risiko terkena hipertensi. 

Semoga artikel kesehatan tentang 7 manfaat mentimun untuk kulit wajah cantik dan sehat ini bermanfaat untuk anda, khususnya untuk kaum muda/wanita muda yang ingin memiliki kulit cantik dan sehat anda dapat memanfaatkan khasiat dari buah mentimun untuk solusi alami miliki kulit wajah cantik, kencang dan sehat.

7 Manfaat Mentimun Untuk Kulit Wajah Cantik dan Sehat

Baca juga:
Share This :
✅Berkomentarlah sesuai isi artikel✅